Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?

Artikel terkait : Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?

Banyak sekali pertanyaan dari orang yg menanyakan, “Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?”, Berikut beberapa lngkah dasar yg ditempuh  dari banyak blogger yg mengkalianlkan blog sebagai mata pencaharian.


  • Membuat blog
  • Menghasilkan konten yg bermanfaat
  • Menemukan pembaca
  • Membangun kedekatan dengan pembaca yg datang ke blog kalian
  • Mulai menghasilkan uang dari jumlah pembaca yg ada.

Terdengar mudah bukan? Pada beberapa level, prosesnya cukup sederhana tetapi kalian akan ketahui lebih banyak setelah kalian jalani.

Memulai sebuah blog

bagaimana membuat blog?

Untuk mendapatkan uang dari blog tentu kalian perlu memiliki sebuah blog. Meski cukup jelas, lngkah ini juga yg jadi batu sandungan bagi banyak blogger pemula yg memiliki sedikit atau tanpa latar belakang teknis.

tetapi jangan khawatir, ini tidak sesulit yg kalian kira. Ada beberapa lngkah sederhana yg kalian perlukan untuk memulai sebuah blog:

a. Pilih platform blog kalian. Untuk memulai sebuah blog kalian perlu memilih platform blog atau alat yg akan membantu kalian agar konten berada di website. bagaimana cara buat blog sendiri? Ada banyak pilihan platform blog yg tersedia, salah-satunya WordPress.org yg menjadi platform paling populer dan banyak dipilih karena beberapa alasan berikut:


  • Penggunaannya gratis
  • Mudah digunakan
  • Sudah sejak lama digunakan banyak orang dan dilengkapi  sistem keamanan
  • kalian bisa menyesuaikan bentuk blog dengan berbagai tema.


Baca juga artikel kami tentang bagaimana bagaimana cara membuat wordpress?.

b. Menentukan nama domain dan hosting. lngkah selanjutya untuk memulai sebuah blog adalah menentukan nama domain (alamat blog kalian) agar blog kalian memiliki alamat rumah secara online. Tiap blog memiliki domain sendiri-sendiri, jadi  kalian harus kreatif untuk menemukan nama domain yg belum digunakan orang lain, namun sesuai konten Blog yg kalian rencanakan.

Baca juga artikel kami tentang bagaimana cara membuat blog gratis?.

c. Konfigurasi blog. Jika ini pengalaman pertama kalian menggunakan WordPress, kalian akan kebingungan melihat bagian dashboard dan tidak tahu apa yg harus dilakukan. tetapi jangan khawatir, kalian akan bisa mengatasinya. Ada banyak sekali tutorial yg akan membantu kalian menggunakan WordPress dan mengatur berbagai hal untuk membuat blog kalian terlihat dan beroperasi dengan baik.

Baca juga artikel kami tentang bagaimana cara membuat website sendiri gratis?.

d. Design blog. Hal lain yg perlu kalian lakukan adalah design blog. Kesan pertama sangat penting jadi kalian harus memilih design yg bisa membuat blog kalian menonjol di antara blog-blog lain.

Baca juga artikel kami tentang bagaimana membuat blog sendiri?.

kalian bisa manfaatkan tutorial tentang pengaturan dasar dan pemilihan tema. Meski ada banyak pilihan tema yg gratis, kalian bisa gunakan tema premium sebagai dasar design blog kalian. Kendati sifatnya berbayar, pilihan premium berefek positif pada optimasi mesin pencarian, dirancang untuk mobile maupun desktop, serta mudah diinstal dan disesuaikan.

Baca juga artikel kami tentang bagaimana cara buat website sendiri?.

Mulai ciptakan konten bermanfaat
Bukan blog jika tanpa konten, jadi setelah memiliki blog, kalian perlu fokuskan perhatian untuk menciptakan konten yg bermanfaat. Pilihan kalian akan bergantung pada topik yg kalian pilih untuk ditulis. Informasi kami tentang menulis di blog bisa bermanfaat untuk kalian.

Baca juga artikel kami tentang bagaimana cara membuat blog di google?.

Kunci keberhasilan adalah menciptakan konten yg bermanfaat bagi pembaca. Konten yg bisa menginspirasi, menghibur, menyelesaikan masalah dan mengubah kehidupan orang lain, dan ini akan membantu pembaca merasa mengenal, suka, dan mempercayai kalian. Semua ini  sangat penting bila kalian nantinya ingin menghasilkan uang dari blog. kalian dapat membuat konten yg dapat kalian kelompokkan dari berbagai pertanyaan yg banyak ditanyakan oleh teman sekeliling kalian contohnya:

bagaimana cara bikin blog?
bagaimana cara buat blog?
bagaimana cara membuat blog sendiri?
bagaimana cara membuat blogger?
bagaimana cara membuat situs web?
bagaimana cara membuat website?
bagaimana cara membuat website gratis?
bagaimana cara membuat website sendiri?
bagaimana membuat website?
bagaimana membuat website gratis?
bagaimana membuat website sendiri?

Dari beberapa pertanyaan di atas kalian dapat membuat konten yg banyak ditanyakan oleh teman sekeliling kalian.


Baca juga artikel kami tentang bagaimana cara membuat blog pribadi?.

Menemukan pembaca
Ketika kalian menciptakan konten bermanfaat, kadang kalian hanya fokus dan menghabiskan banyak waktu untuk membangun blog. Bila kalian ingin menghasilkan uang dari blog, kalian tidak hanya perlu fokus pada membangun blog yg baik, tetapi juga mulai mempromosikannya.

Baca juga artikel kami tentang bagaimana blog bisa menghasilkan uang?.

Mulailah dengan memikirkan tentang jenis pembaca yg kalian inginkan pada blog kalian. Setelah tahu siapa yg membaca blog kalian, tanyakan dimana kelompok orang ini berkumpul secara online. Buat daftar tentang dimana mereka kemungkinan berkumpul:

Apakah mereka membaca blog tertentu?
Apakah mereka berpartisipasi di forum tertentu?
Apakah mereka mendengarkan podcast?
Apakah mereka berkumpul di jaringan sosial tertentu?
Akun mana yg mereka ikuti dari jaringan sosial tersebut?
Tiap tempat yg dikunjungi target pembaca blog kalian,  luangkanlah waktu kalian untuk terlibat disana  yaitu dengan meninggalkan komentar, menawarkan  guess post, atau cukup hanya dengan menjawab pertanyaan. Kuncinya adalah membangun kehadiran, menambahkan nilai, dan  membina hubungan.

Membangun kedekatan dengan pembaca yg datang
Ketika kalian fokus menciptakan konten dan menemukan pembaca untuk blog, kalian mulai melihat pengunjung datang ke blog kalian dan menikmati konten yg kalian buat. Di titik ini kalian perlu mengubah fokus menjadi mendekati pembaca tersebut dan membangun komunitas.

Respon komentar yg mereka tulis, dekati pembaca secara personal, dan lakukan apapun yg kalian bisa untuk membuat mereka terus datang kembali ke blog kalian lagi dan lagi. Pertahankan pembaca yg sudah kalian peroleh bahkan solusikan dengan baik sehingga mereka akan menyebarkan berita tentang blog kalian, turut serta membangun blog kalian, sehingga lebih banyak diketahui orang.

Mulai menghasilkan uang dari jumlah pembaca yg kalian milki melalui variasi saluran pendapatan
Empat lngkah pertama, yakni memulai sebuah blog, menulis konten, menemukan pembaca, dan membangun kedekatan dengan pembaca,  jadi dasar penting yg sangat kalian butuhkan sebelum kalian bisa membangun pendapatan jangka panjang di blog kalian.

Memang dibutuhkan kerja keras tetapi bila kalian melakukannya dengan baik, berarti kalian memiliki kesempatan untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

Dengan dasar yg tepat kalian kini siap untuk mulai memperoleh uang dari blog. tetapi satu hal yg perlu kalian ingat, setelah membuat blog, memiliki konten, dan mendekati pembaca, bukan berarti uang akan mengalir secara otomatis. Karena diperlukan kerja terus-menerus dan eksperimen untuk menghasilkan uang dari blog kalian.

Artikel tagsenget.blogspot.com Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 tagsenget.blogspot.com | Design by Bamz | Distributor by Bangku Pemula