Belajar membuat website dengan wordpress

Artikel terkait : Belajar membuat website dengan wordpress

Belajar membuat website dengan wordpress - Bagi orang-orang yg ingin belajar cara membuat website atau belajar blog, WordPress adalah pilihan terbaik.

Hampir tdk ada pemilik website yg tdk kenal WordPress.

Alasannya karena gratis, fiturnya tdk terbatas, & proses belajar bikin blog sangat mudah. Bahkan jika kalian tdk pernah memegang komputer setdknya pun kalian akn sanggup membuat website dalam 5 menit.

Itulah sedikit kehebatan WordPress.

Dalam artikel kali ini kalian akn belajar cara membuat website sendiri di WordPress, sebenarnya banyak tutorial atau artikel-artikel yg membahas tentang belajar membuat blog gratis untuk pemula tapi kali ini kita akn membahas tentang yg lebih spesifik yaitu belajar membuat website dengan wordpress

Apa itu WordPress?

WordPress adalah sebuah Content Management System (CMS) yg bersifat open source. Dalam bahasa yg lebih mudah dimengerti, WordPress merupakn sebuah software yg akn memudahkan kalian untk membuat website & mengelola konten secara online.

Saat ini, WordPress merupakn CMS terpopuler di dunia.

kalian sendiri pun secara sadar atau tdk sadar pasti sudah pernah berkunjung ke website berbasis WordPress. Wajar, karena lebih dari 25% website di internet dibuat dengan WordPress.

Bahkan website-website terbesar di dunia pun menggunakn WordPress.

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Bahasa Indonesia menempati posisi ketiga sebagai bahasa yg paling banyak digunakn di WordPress dengan persentase 2,4%. Hanya kalah dari Bahasa Inggris & Bahasa Spanyol yg memang digunakn oleh banyak negara.

Ini artinya ada sangat banyak website berbasis WordPress di Indonesia.

Mengapa WordPress sanggup sedemikian populernya?

Alasan utamanya yaitu karena proses pembuatannya sangat mudah, seperti yg sudah saya nyatakn tadi. Bahkan orang yg baru kenal komputer pun sanggup membuat website dalam 5 menit dengan WordPress.

Selain itu, juga karena gratis.

Tapi bukan hanya itu, inilah alasan utama kenapa website-website besar menggunakn WordPress:

Dengan WordPress, kita tdk perlu membangun website dari nol sehingga banyak waktu & tenaga yg sanggup dihemat
WordPress sanggup dimodifikasi secara bebas & tanpa batas sesuai kebutuhan si pemilik website, baik secara tampilan maupun fitur
Banyak theme & plugin yg tersedia sehingga kalian sanggup mengubah tampilan & & menambahkan fitur meskipun tdk paham sedikit pun tentang programming
Proses belajarnya sangat mudah
WordPress terus dikembangkan & diperbaharui oleh jutaan programmer di dunia
WordPress punya komunitas pengguna terbesar. jika kalian mengalami kesulitan, jawabannya sanggup ditemukan dengan mudah di internet
Dengan alasan-alasan tersebut, sejak 2003 sampai sekarang WordPress tetap menjadi CMS yg paling populer.

Pada awalnya, WordPress hanya digunakn untk belajar buat blog, tapi sekarang WordPress juga sering digunakn sebagai website dengan fungsi lain, misalnya situs komunitas, jual beli, direktori, portfolio, profil perusahaan, & lain-lain.

Itulah sekilas tentang WordPress.

Tanpa panjang lebar lagi mari kita belajar membuat website.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1). Klik link ini >> www.WordPress.com. Setelah terbuka, nanti akn muncul form seperti gambar dibawah ini.

belajar bikin blog

Pilihlah nama blog kalian pada kolom tersebut, nantinya nama ini adalah alamat yg akn digunakn oleh orang lain untk mengunjungi blog WordPress.com kalian. Jika sudah, lanjutkan dengan mengklik tombol “Buat Situs Web”.

2). Setelah itu, akn muncul form seperti berikut. Isi kolom-kolom tersebut menggunakn informasi yg benar. Nantinya informasi seperti email, nama pengguna (username), & password, akn selalu kalian gunakn ketika hendak masuk ke halaman panel kontrol blog WordPress milik kalian.

belajar blog untuk pemula


3). Pada kolom Alamat Surel (Email), pastikan kalian menggunakn alamat email yg aktif, & sering kalian buka. Karena WordPress akn mengirimkan konfirmasi pendaftaran yg dikirimkan melalui email tersebut. Jika kalian tdk punya email, mohon buatlah email terlebih dahulu. sanggup di Yahoo, Google, atau yg lain.

4). Pada kolom Nama Pengguna (Username), pilih nama pengguna yg kalian sukai. Mohon untk diingat baik-baik, jangan sampai lupa, karena nama pengguna ini sifatnya eksklusif & hanya sanggup digunakn oleh satu pengguna saja. Jika username pilihan kalian ditolak, cari nama lain hingga diterima.

5). Pada kolom Kata Sandi atau password, buatlah kata yg sedikit unik, yg kira-kira kalian selalu ingat, namun tdk mudah ditebak oleh orang lain.

6). Nah, jika nama blog yg kalian masukkan tadi tersedia & sanggup diterima oleh WordPress, maka pada kolom Alamat Blog ini akn tertera nama blog pilihan kalian dengan ditkaliani tkalian centang berwarna hijau. Namun jika nama pilihan kalian sudah dipakai oleh pengguna lain, maka akn muncul tkalian centang berwarna merah.

7). Jika pengisian informasi pada kolom-kolom di atas sudah selesai, scroll ke bawah mouse pointer kalian, sehingga di tampilan layar laptop / PC kalian terlihat tabel seperti berikut.

belajar blogger lengkap

Klik tombol “Buat Blog” yg saya tkaliani dengan panah merah, karena kita akn membuat versi blog WordPress yg gratisan. & WordPress akn mengirimkan email konfirmasi berkaitan dengan akun yg baru saja kalian daftarkan.

8). Nah, sekarang saatnya kalian melakukan penyesuaian terhadap blog yg hendak kalian pakai. Kurang lebih ada 4 langkah yg sanggup kalian ikuti, silahakn klik pada gambar:

JUDUL BLOG

belajar buat blog

TEMA BLOG

belajar cara membuat website

SESUAIKAN TEMA YANG SUDAH DIPILIH

belajar membuat blog

HUBUNGKAN KE SOCIAL MEDIA

belajar membuat blog untuk pemula


TIPS:
Langkah-langkah di atas merupakn opsional / tdk wajib, sehingga kalian sanggup mengaturnya kembali nanti. Klik tombol “Langkah Berikutnya” untk mempercepat proses. Jika sudah selesai, nanti kalian akn dibawah ke halaman admin panel blog, & pastikan kalian melihat notifikasi seperti berikut:

belajar membuat website dengan wordpress


9). Sekarang buka email yg tadi kalian gunakn untk registrasi di WordPress.com. Klik link aktivasi di email kalian. Jika kalian tdk menemukan email dari WordPress, coba cari di folder spam atau bulk email. Ini contoh email yg dikirimkan oleh WordPress.

belajar membuat website

10). Nah, apabila akun kalian sudah aktif, maka akn muncul pesan seperti dibawah ini.

belajar blog

Ya, kurang lebih begitulah Belajar membuat website dengan wordpress  secara singkat. Semoga kalian memahami

Artikel tagsenget.blogspot.com Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 tagsenget.blogspot.com | Design by Bamz | Distributor by Bangku Pemula